-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


 

Iklan






 

Sukses Yonarmed 18 Buritkang Melaksanakan Tugas Penembakan Kehormatan Detik-detik Proklamasi Pertama Kali di IKN Nusantara

| August 18, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-18T05:26:22Z

GARDAKALTIM || IKN Nusantara, 17 Agustus 2024 Yonarmed 18/Buritkang terlibat dalam gelaran acara nasional peringatan HUT Ke-79 RI yang pada tahun 2024 ini dilaksanakan di IKN  Nusantara. 

Dalam pelaksanaan kegiatan upacara ini, Yonarmed 18/Buritkang melalui Baterai Bakhornya terlibat dalam pelaksanaan kegiatan Penembakan Kehormatan detik-detik Proklamasi.

Tepat pada pukul 11.00 wita, 6 pucuk meriam 105mm/Howitzer milik Yonarmed 18/Buritkang memberikan dentuman sejumlah 17 kali mengiringi bunyi sirine yang menandakan diperingatinya detik-detik proklamasi.

Letkol Arm Khoirul Cahyadi, S.E., Danyonarmed 18/Buritkang bertindak sebagai penanggungjawab pelaksanaan kegiatan Penembakan Kehormatan detik-detik Proklamasi tersebut. Dalam sambutannya, setelah melaksanakan tugas negara tersebut beliau menyampaikan bahwa, Tugas Penembakan kehormatan detik-detik Proklamasi di IKN ini terasa sangat spesial. Yonarmed 18/Buritkang telah mengukir sejarah dengan mewakili Korps Artileri Medan melaksanakan tugas Penembakan Kehormatan detik-detik Proklamasi pertama dalam sejarah di IKN Nusantara, Ibukota Baru Republik Indonesia. Ini merupakan suatu Kehormatan dan kebanggaan bagi Keluarga Besar Yonarmed 18/Buritkang. Kami membuktikan bahwa kami mampu dan berhasil menjawab tantangan tugas untuk melaksanakan Kehormatan Penembakan di Istana Negara IKN dengan aman dan lancar.
Pelaksanaan kegiatan Penembakan Kehormatan detik-detik Proklamasi ini merupakan peristiwa yang sangat bersejarah karena sebelumnya tugas penembakan kehormatan dilakukan oleh personel Yonarmed 7 yang berdinas di Jakarta dengan menggunakan meriam 75 mm salute gun, dan sekarang menggunakan meriam 105 mm dan dilaksanakan oleh satuan diluar Jakarta yaitu Yonarmed 18/Buritkang yang bermarkas di Berau, Kalimantan Timur.

Ditambah tempat pelaksanaan di istana negara IKN yang juga baru kali pertama tentunya melewati proses yang sangat panjang dari kegiatan tinjau medan posisi meriam dihadapkan dengan letak Istana Negara, termasuk melaksanakan uji coba sebelumnya di IKN.

Seluruh anggota telah memberikan dedikasi terbaiknya untuk menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan Penembakan Kehormatan detik-detik Proklamasi pertama kali di IKN tersebut dan terbukti kerja keras seluruh prajurit Yonarmed 18/Buritkang berbuah kesuksesan yang sangat gemilang dengan seluruh doa dan dukungan keluarga besar Yonarmed 18/Buritkang dan Kodam VI/Mulawarman.

"Kami persembahkan kado ulangtahun yang ke- 79 untuk Republik Indonesia yang sangat kami cintai dengan turut mensukseskan upacara detik-detik Proklamasi pertama ini. Semoga Indonesia semakin maju dan sejahtera kedepannya. Nusantara Baru, Indonesia Maju. Merdeka." Pungkas Letkol Arm Khoirul Cahyadi, S.E. selaku Danyonarmed 18/Buritkang dan penanggungjawab Tim Bakhor.(**/)
×
Berita Terbaru Update