-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


 

Iklan






 

Persiapan Menjelang HUT RI ke-79 Tahun 2024 Yang Akan Di Selenggarakan di Istana Presiden Ibukota Baru Republik Indonesia IKN Pulau Kalimantan Timur

| August 13, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-13T15:23:41Z


GARDAKALTIM || Penajam Pasir Utara, SPESIFIKASI PATUNG GARUDA IKN ( Bobot Mencapai 1.398,3 Ton adalah Karya Nyoman Nuarta
Bahan yang digunakan untuk membuat bilah tersebut adalah kuningan dan baja antikorosi produksi PT Krakatau Steel Persero Tbk Kota Cilegon yang bobotnya sangat berat dan perlu diangkut dengan cara yang tepat.

Alasan utama penggunaan kuningan dan baja antikorosi adalah karena menurut Nyoman kedua bahan tersebut paling tahan terhadap cuaca.

istana presiden ini di beri nama ISTANA GARUDA dirancang sebagai “sesosok rumah” yang berasosiasi pada burung Garuda, begitu kata perancangnya I Nyoman Nuarta.

Artinya Istana Garuda bukan merupakan sebuah patung melainkan bagian dari bangunan yang memiliki fungsi di dalamnya.
Bangunan istana negara yang pertama kali dibangun oleh orang-orang Indonesia, sebelumnya istana-isatana Negara Republik Indonesia adalah bangunan buatan Belanda alias peninggalan Belanda yang memang kuat-kuat, megah, dan mewah. Akankah bangunan istana negara yang dibuat oleh orang-orang Indonesia asli ini lebih kuat, besar, megah, aman, dan canggih di banding istana-isatana sebelumnya yang notabene peninggalan Belanda.
Bangunan ini diasosiasikan oleh perancangnya "Menyerupai" sosok burung Garuda Pancasila yang tengah mengepakkan sayap.

Dibentuk dari baja tahan karat khusus yang akan berwarna KEHIJAUAN melalui proses alami hasil produksi PT Krakatau Steel Cilegon, Istana Garuda adalah bukti pencapaian sinergi antara seni, sains, dan teknologi karya Pribumi anak bangsa.(**/)
×
Berita Terbaru Update