-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


 

Iklan






 

Pangdam XII/Tpr Buka Tanjungpura Dragon Boat Race 2024

| July 07, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-07T03:47:07Z
 

GARDAKALTIM || Pontianak (Kalbar), Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., membuka secara resmi lomba dayung Tanjungpura Dragon Boat Race 2024. Bertempat di Sungai Jawi, Kota Pontianak. Lomba ini digelar dalam rangka HUT ke-66 Kodam XII/Tpr. Sabtu (6/7/2024)

Pembukaan ditandai dengan pernyataan resmi dan pemukulan genderang oleh Pangdam XII/Tpr bersama Forkopimda Provinsi Kalbar. Masyarakat tampak antusias memadati sepanjang Parit Sungai Jawi untuk menyaksikan lomba dayung piala Pangdam XII/Tpr ini.

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan saat memberikan keterangan mengatakan, lomba dayung perahu naga ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke-66 Kodam XII/Tpr. Yang diikuti sebanyak 32 tim yang berasal dari Kalbar bahkan dari negeri tetangga Brunai Darussalam.
"Semoga ini menjadi sarana hiburan dan rekreasi bagi masyarakat serta sarana silaturahmi untuk menjalin komunikasi dan sinergitas di lapangan dengan situasi penuh kebahagiaan dan kegembiraan," katanya. 

Pangdam juga mengatakan, lomba ini digelar juga dalam rangka pelestarian kearifan lokal. Perahu atau sampan merupakan alat transportasi yang digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Karena wilayah Kalbar memiliki sungai yang begitu banyak dan luas. 

"Ini kita melestarikan budaya masyarakat Kalimantan yang biasa menggunakan perahu dayung," kata Mayjen TNI Iwan Setiawan. 

Ada hal menarik saat lomba berlangsung, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan menggratiskan kepada penonton, makanan dan minuman dari puluhan pedagang gerobak yang ada di sekitar lokasi lomba. (**/)

Sumber: Pendam XII/Tpr
×
Berita Terbaru Update