-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


 

Iklan






 

Komandan Lanud Dhomber Kolonel Pnb David Ali Hamzah, S.Sos., M. Han dampingi Aspotdirga Kasau Marsekal Muda Andi Wijaya, S. Sos.

| March 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-03T07:15:39Z

Gardakaltim - Balikpapan, Laksanakan Penandatangan Perjanjian Kerjasama dan Penanaman Mangrove dengan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) yang bertempat di Pantai Lanud Dhomber, Baikpapan, Sabtu (2/3/2024) . 

BRGM menargetkan akan melakukan penanaman mangrove di Provinsi Kaltim di seluas lahan 30.000 hektar. Penanaman akan dilakukan dikawasan pesisir disepanjang garis kawasan Pantai di Kaltim.

Untuk restorasi mangrove di Kaltim ini ditandai dengan Penandatangan perjanjian kerjasama antara BRGM dan TNI AU tentang dukungan restorasi gambut dan percepatan rehabilitasi mangrove dalam rangka menjaga ketahanan wilayah NKRI.

Dimana penanda tangan ini langsung, dilakukan Sekretaris BRGM, Ayu Dewi Utari dengan Aspotdirga Marsekal Muda TNI Andi Wijaya, S.Sos di kawasan Pantai Lanud Dhomber, Balikpapan, Kaltim. Dan kemudian dilanjutkan dengan penanaman bersama bibit mangrove di kawasan Pantai Lanud Dhomber Balikpapan.

“Kerjasama ini, betul-betul pertama dilakukan TNI AU di Lanud Ranai, Natuna, karena wilayah tersebut perbatasan negara yang merupakan obyek vital. Dan yang kedua dilakukan di Lanud Dhomber, Balikpapan, ini sebagai bentuk dukungan terhadap keberadaan IKN Nusantara,” jelasnya.

“Kalau di TNI AU tentunya dilakukan di Lanud milik TNI AU, khusus di Lanud Dhomber ini dilakukan di luasan lahan 3 hektar dengan jumlah bibit sebanyak 30 ribu bibit,” ungkapnya.

“Kita akan lakukan pemasangan karung berisi pasir, sehingga lumpurnya bisa terkumpul di lokasi penanaman. Dan selian itu, bibit yang ditanam tidak hanya satu jenis saja, namun ada beberapa termasuk menyebarkan bibit yang ditebar,” tegasnya.

Sementara itu, Aspotdirga Marsekal Muda TNI Andi Wijaya, S. Sos mengatakan, pihaknya sangat kepentingan untuk menjaga tanaman mangrove yang ditanam di kawasan Pantai Lanud Dhomber Balikpapan. Dimana upaya ini dilakukan menjaga fasilitas TNI AU dengan menahan laju abrasi.

“Jadi ini kita serahkan ke ahlinya dalam hal ini BRGM, untuk melatih dan mendidik personel TNI AU Lanud Dhomber dalam memelihara, menjaga dan merawat tanaman mangrove yang ditanam ini. Pasalnya, untuk menanam mangrove ini, tidak hanya sekedar tanam begitu saja, perlu keahlian tersendiri,” ujarnya.(*)

Sumber: Pen Lanud Dhomber.
×
Berita Terbaru Update